twitter
rss

Ditulis Oleh H. Syamsuddin, M.Si   
Rabu, 09 Februari 2011
Ketua PD IPI Provinsi Kalimantan Selatan, H. Syamsuddin, M.Si pada hari Rabu, 19 Januari 2011 diundang dan berkesempatan menghadiri acara Pra Konvensi Standar Kompetensi Pustakawan di Hotel Jayakarta Jakarta Pusat.
Acara ini dihadiri lebih dari  75 orang peserta yang terdiri dari unsur pustakawan, organisasi profesi kepustakawanan, lembaga pendidikan perpustakaan dan lembaga perpustakaan. Menurut Panitia penyelenggara acara ini dimaksudkan untuk menggali masukan, dan saran-saran dalam penyusunan draf standar kompetensi pustakawan sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Menteri.
Tujuan  Penyusunan Standar Kompetensi Pustakawan ini adalah (1) Meningkatkan profesionalisme pustakawan dalam menjalankan perannya sebagai mediator dan fasilitator informasi (2) menjadi tolak ukur kinerja pustakawan (3) menghasilkan pengelompokan keahlian pustakawan sesuai dengan standarisasi yang telah divalidasi oleh lembaga sertifikasi dan (4) agar dimilikinya standar dan kode etik dalam menjalankan profesinya.
Dalam draf pembahasan standar kompetensi pustakawan terdapat 19 kelompok kompetensi inti, yang diperjelas lagi menjadi elemen kompetensi dan  dirinci lagi menjadi kriteria unjuk kerja. Setiap unit kompetensi dideskripsikan kemudian diberi batasan variabel dan panduan penilaian serta kompetensi kunci.
Setelah bekerja seharian penuh Tim berhasil merampungkan draf pra konvensi standar kompetensi pustakawan untuk dikonvensikan di tahun ini untuk kemudian dijadikan sebagai bahan penetapan peraturan menteri.
Harapan kami dan tentunya juga harapan semua pustakawan semoga standar ini cepat direalisasikan menjadi Peraturan dan seritifkasi pustakawan yang idam-idamkan dapat terwujud. semoga.. amien....(H.Syd) 
.
Bapustarda-Kalsel...

0 komentar:

Posting Komentar