twitter
rss

Inilah 10 orang cerpenis Amerika terhebat sepanjang masa.Mari kita mulai saja dari urutan 10 (sepuluh) biar seru.


1. EDGAR ALLEN POE


Poe mungkin yang paling terkenal di Inggris sebagai cerpenis sepanjang masa. Ia hanya menyelesaikan satu novel dalam hidupnya, dan tidak begitu dikenal, namun berisi cerita pendek. Banyak orang tahu cerita yang ditulis Poe ini, misalnya, “The Tell Tale Heart”, “The Masque of the Red Death,” atau “The Pit and the Pendulum”. Poe telah menulis kurang lebih 65 cerita pendek atas namanya. Sebagai seorang penulis, Poe juga dianggap memiliki gaya penulisan yang kini dikenal dengan genre detektif.


2. F. SCOTT FITZGERALD



F. Scott Fitzgerald adalah seorang penulis novel Amerika dan cerita pendek. Ia secara luas dianggap sebagai salah satu cerpenis terhebat abad ke-20. Fitzgerald dianggap pula sebagai anggota dari “Lost Generation” dari abad ke-20. Dia menyelesaiakan empat buah novel, termasuk The Great Gatsby. Karya lainnya diterbitkan secara anumerta. Jika Anda ingin rekomendasi untuk dua cerita pendek besar karya Fitzgerald, saya menyarankan membaca “Bernice Bobs Her Hair” dan “The Diamond As Big As The Ritz”. Anda tidak akan kecewa.


3. JOHN UPDIKE


Updike sangat berbakat sebagai cerpenis. Ia menerbitkan lebih dari 150 cerita pendek dalam karirnya. Kumpulan cerpen terakhirnya berjudul “Tears of Bapa” telah diterbitkan pada bulan Juni 2009, sekitar 6 bulan setelah kematiannya. Dia juga telah memenangkan lebih dari 30 berbagai penghargaan sepanjang hidupnya, termasuk diantaranya: the Pulitzer, the Rea Award, the PEN / Falkner Award dan O. Henry Award


4. O. HENRY


Nama aslinya William Sydney Porter. O. Henry dikenal sebagai penulis flash fiction. Ia terkenal dengan cerita “The Gift of the Magi” yang merupakan cerita tentang anak muda miskin yang masing-masing pasangan mereka menjual obyek paling berharga untuk membeli hadiah Natal untuk pasangan mereka. Untuk mengenang namanya, maka diluncurkan O. Henry Award. Sebuah penghargaan bergengsi yang sangat luar biasa diberikan kepada para penulis cerita pendek terbaik.


5. JD SALINGER



yang ini mirip nicholas cage

Salinger dikenal atas novel karyanya “Catcher in the Rye”. Ia contoh seorang penulis yang sangat eksentrik. Dia memiliki 3 buku lainnya tersedia untuk umum. “Nine Stories”, “Frannie and Zoey”, dan “Raise High the Roof Beams, Carpenters and Seymour an Introduction”. Ketiga buku tersebut adalah koleksi cerita pendeknya. Salinger dianggap oleh banyak orang sebagai penulis besar Amerika dari abad ke-20.


6. STEPHEN KING





Stephen King merupakan salah satu penulis paling populer di Amerika, dan penulis yang sangat produktif. “1408″, “The Mist”, dan “Hearts di Atlantis” adalah hanya beberapa dari 35 cerita pendeknya yang telah dibuat menjadi film, walaupun mungkin yang paling terkenal adalah “Stand By Me”. Total ada 124 cerpen dan 17 novel yang ia tulis sepanjang karirnya. Ia juga dipilih untuk menjadi editor dari The Best American Short Stories tahun 2007, dan juga memenangkan O. Henry Award pada tahun 1996.


7. RAY BRADBURY




Bradbury sangat terkenal sebagai pengarang fiksi ilmiah. Dia terkenal menulis cerpen setiap hari, sebuah kebiasaan yang banyak penulis lainnya berusaha untuk mengikuti kebiasaan itu. Dia telah menulis 11 novel dan lebih dari 40 koleksi cerita pendek. Tapi bukan soal jumlah karyanya itu sehingga dia mendapatkan tempat di daftar ini. Cerita pendeknya yang sangat terkenal berjudul “A Sound of Thunder”. 
 
8. ISAAC ASIMOV



Asimov tentunya adalah salah satu penulis yang paling produktif dalam bahasa Inggris. Dia dikenal dengan berbagai karya dari seri “Foundation”, dan “Fantastic Voyage”, untuk buku-buku teks dan segala sesuatu di antaranya. Dia terutama dikenal sebagai penulis fiksi ilmiah. Sepanjang hidupnya tidak kurang dari 515 buku yang ia tulis. Sejauh ini cerita pendek yang ia tulis dan terkenal ada 3 buah, yakni “I, Robot”, “The Bicentennial Man”, dan “The Last Question.” 

 
9. WASHINGTON IRVING



Washington Irving adalah seorang penulis Amerika, eseis, penulis biografi dan sejarawan dari awal abad ke-19. Dia terkenal dengan cerita pendeknya berjudul “The Legend of Sleepy Hollow” dan “Rip Van Winkle”. Buku Irving yang terkenal adalah The Sketch Book of Geoffrey Crayon. Sebagai seorang sejarawan, ia menulis biografi tokoh terkemuka. Diantaranya biografi George Washington, Oliver Goldsmith dan Nabi Muhammad SAW, dan beberapa buku sejarah tentang Spanyol abad XV dengan subyek penulisan tentang Christopher Columbus, kaum Moors, dan istana Alhambra.

10. CHUCK PALAHNIUK



Chuck Palahniuk adalah pengarang “Fight Club”. Karya tersebut dibuat versi filmnya tahun 1999 (diperankan oleh Edward Norton dan Bradd Pitt) Namun Palahniuk menulis cerita pendek setiap hari. Banyak cerita pendeknya dijadikan novel tanpa pembaca mengetahui awalnya itu cerita independen. Salah satu cerpennya yang terkenal berjudul “Guts”.

0 komentar:

Posting Komentar