twitter
rss

Perpustakaan Celsus adalah sebuah bangunan kuno di Efesus , Anatolia , sekarang bagian dari Turki . Itu dibangun untuk menghormati Tiberius Julius Celsus Polemaeanus (selesai tahun 135 M) dengan 'anak Celsus, Gaius Julius Aquila ( konsul , 110 AD). Celsus telah konsul di 92 M, Gubernur Asia pada tahun 115 AD, dan warga lokal yang populer dan kaya.
Perpustakaan ini dibangun untuk menyimpan 12.000 gulungan dan untuk melayani sebagai sebuah makam yang monumental untuk Celsus. Itu tidak biasa untuk dikubur dalam perpustakaan atau bahkan dalam batas-batas kota, jadi ini adalah sebuah penghargaan khusus untuk Celsus.



SEJARAH



Bangunan ini penting sebagai salah satu contoh beberapa sisa perpustakaan-Romawi kuno dipengaruhi. Hal ini juga menunjukkan bahwa perpustakaan umum dibangun tidak hanya di Roma sendiri tetapi di seluruh Kekaisaran Romawi . Dalam restorasi besar-besaran yang dianggap sangat benar ke gedung bersejarah, bagian depan façade dibangun kembali dan kini berfungsi sebagai contoh utama dari masyarakat arsitektur Romawi. (The Library of Celsus dapat berfungsi sebagai model bagi yang lain, kurang terawat, perpustakaan tempat lain di Kekaisaran, karena ada kemungkinan bahwa koleksi sastra diberi tempat tinggal di kota-kota Romawi lain untuk kepentingan siswa serta perjalanan Roma. Perpustakaan tersebut dapat juga memiliki koleksi menampung dokumen lokal yang menarik jika mereka tidak hancur selama penaklukan Roma.
bangunan adalah ruang tunggal yang menghadap timur menuju matahari pagi, sebagai Vitruvius disarankan, untuk manfaat bangun pagi. Perpustakaan dibangun di atas panggung, dengan sembilan langkah lebar penuh bangunan yang mengarah ke tiga pintu masuk depan. Pintu masuk pusat lebih besar dari dua yang mengapit, dan semuanya dihiasi dengan jendela di atas mereka. Mengapit pintu masuk empat pasang kolom ionik tinggi pada tiang . Satu set kolom Korintus berdiri langsung di atas set pertama, menambah tinggi bangunan. Pasangan kolom pada tingkat kedua bingkai jendela sebagai kolom pada tingkat pertama frame pintu, dan mereka juga menciptakan ceruk yang akan ditempatkan patung. Diperkirakan ada mungkin telah satu set ketiga kolom, tapi hari ini hanya ada dua register kolom.
Jenis fasad dengan bingkai inset dan niche untuk patung-patung mirip dengan yang ditemukan dalam teater Yunani kuno (bangunan panggung di belakang orkestra, atau skene ) dan dengan demikian dicirikan sebagai "scenographic".
sisi lain Bangunan adalah relevan arsitektural karena perpustakaan ini diapit oleh bangunan.
Bagian dalam bangunan, tidak sepenuhnya pulih, adalah sebuah ruangan persegi panjang tunggal (berukuran 17x11 m) dengan pusat apsis dibingkai oleh sebuah lengkungan besar di dinding jauh. Sebuah patung Celsus atau Athena , dewi kebenaran, berdiri di apsis tersebut , dan 'makam Celsus berbaring langsung di bawah di ruang berkubah. Sepanjang tiga sisi lainnya adalah wadahnya persegi panjang yang dimiliki lemari dan rak untuk 12.000 gulungan. Celsus dikatakan telah meninggalkan warisan 25.000 dinar untuk membayar Teman bahan bacaan perpustakaan.
Tingkat kedua dan ketiga akan dicapai melalui satu set tangga dibangun ke dalam dinding untuk menambahkan dukungan untuk membangun dan memiliki niche yang sama untuk gulungan. langit-langit itu datar, dan mungkin ada telah menjadi alun-alun oculus untuk memberikan lebih banyak cahaya.
Gaya perpustakaan, dengan hiasan nya, façade seimbang, terencana, mencerminkan pengaruh Yunani terhadap arsitektur Romawi. bahan bangunan itu, bata, beton, dan puing-puing mortared, menandakan material baru yang mulai digunakan di Kekaisaran Romawi sekitar abad ke-2 SM.
façade bangunan itu digambarkan di balik dari Turki 20 juta lira uang kertas tahun 2001-2005 dan dari uang kertas baru 20 lira 2005-2009.




0 komentar:

Posting Komentar