twitter
rss

Topik ane : masih perlu ga sih perpustakaan di zaman era digital seperti sekarang ini ??



Waduh..PERPUSTAKAAN,kapan ya terakhir ane ke tempat itu,kalo diitung" udah 7 bulan ane ngga ke perpustakaan,terakhir kali pas nyari bahan belajar buat nghadapin UAN SMA 2010 kmaren (yah jadi curcol ). ane mayan demen gan ke perpustakaan,ditambah lagi ane demen baca..tau lah di perpus itu buku" pasti banyak,dari kategori A-Z pasti ada. apalagi ensiklopedia,bisa dapet banyak informasi dan pengetahuan tuh dari situ.

Kalau berbicara mengenai perpustakaan, mungkin kita sudah tidak asing lagi, banyak sekali kita temui baik itu di sekolah-sekolah, perguruan tinggi, kantor pemerintahan bahkan di sebuah perusahaan pun banyak yang membuat perpustakaan. Ada banyak hal yang dapat kita kaitkan dengan perpustakaan, diantaranya :

1. Buku
2. Ilmu Pengetahuan
3. Membaca
4. Pustakawan
5. dll

Kalau kita kaitkan poin ke 3, yaitu membaca dengan Al-Qur'an, tentunya pasti kita akan ingat dengan ayat pertama Al-Qur'an yang diturunkan yaitu : "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan" (AL-ALAQ :1). Dari ayat pertama tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa membaca merupakan hal pertama yang di perintahkan oleh Allah SWT kepada manusia, tentunya dengan membaca sumber ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan kita.

Nah..salah satunya aktivitas membaca dapat kita lakukan di perpustakaan, walaupun nasib perpustakaan di Indonesia ini tidak seramai Mall yang ramai dikunjungi oleh orang-orang dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Masih banyak orang yang memandang perpustakaan dengan sebelah mata.

menganggap perpustakaan hanya sebagai gudang buku saja, menganggap orang yang rajin membaca di perpustakaan sebagai orang yang kuper, namun sebenarnya ada banyak ilmu yang kita dapatkan ketika berkunjung ke perpustakaan. Mulai dari ilmu kedisiplinan, kerapihan dan tentunya ilmu pengetahuan.

Apalagi di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, dimana informasi dapat kita dapatkan dengan mudah melalui ponsel,notebook,internet,dll.

tapi coba tengok gambar yg ane kasih ini gan



Itu murid pedesaan gan,coba agan pikir..pasti masih banyak murid pedesaan mau itu SD,SMP atau SMA yg belum mendapat akses jaringan internet di desa nya,jadi mereka kalo mau cari informasi pasti seengga nya mreka harus baca buku/ke perpustakaan sekolah.

Dan inget !! ga semua orang punya internet !!

Ini merupakan tantangan dan peluang yang harus di ambil positifnya bagi para pengelola perpustakaan, dimana kita dapat mempublikasikan bahan-bahan pustaka ke dalam bentuk digital. Tentunya kita dapat membangun sebuah Perpustakaan Digital (Digital Library) yaitu adalah perpustakaan yang meyediakan semua jasa dari jasa perpustakaan tradisional dan juga harus mengeksploitasi kelebihan dan manfaat penyimpanan, penelusuran dan komunikasi digital.

Mudah-mudahan dengan membangun sebuah perpustakaan digital, mudah-mudahan orang-orang sekarang tidak hanya membuka internet untuk membuka situs hiburan, situs xxx saja tetapi yang dibuka adalah perpustakaan digital yang penuh di warnai dengan ilmu pegetahuan yang bermanfaat. Mungkin itu adalah salah satu solusi dari permasalahan perpustakaan yang sedang dialami saat ini.

Mudah-mudahan pula budaya membaca akan terus dilakukan oleh bangsa Indonesia ini,karena bagaimana mau maju kalau cara berpikirnya masih jadul dan kuno.

Akhir kata saya menulis di thread ini,mudah-mudahan kecintaan kita terhadap membaca buku semakin bertambah. inget pepatah gan !!

"BUKU ITU GUDANG NYA ILMU,DENGAN MEMBACA BUKU KITA BISA MENGENAL DUNIA"


Sumber : archive.kaskus.us/thread/5214430

0 komentar:

Posting Komentar